Jumat, 17 Juni 2011 – 09:14 WITA Telah dibaca 1118 kali

Minggu Depan DPRD SULUT Tinjau Longsor Lobong

Gerbang kota Kotamobagu.

Komisi III DPRD SULUT akan melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke beberapa tempat, dan itu sudah di menjadwalkan bahwa minggu depan akan melakukan peninjauan ke desa Lobong Kabupaten Bolaang Mongondow. Hal ini dikatakan oleh Hi. Anton Mamonto.

Menurut Mamonto, Komisi III akan melakukan peninjauan karena diketahui beberapa minggu lalu desa tersebut menimpa musibah dengan adanya longsor.

"Komisi akan melakukan peninjauan untuk mengetahui persis kejadiaan yang menimpa desa Lobong itu", ujar Mamonto kepada SUARAMANADO, beberapa waktu yang lalu di ruang kerjanya. Lebih lanjut dikatakan Mamonto, kejadian longsor itu memang sempat menyebabkan kendaraan tidak bisa melewati jalan tersebut, tapi dengan penanganan yang cepat, yang diambil oleh Dinas PU Provinsi Bidang Bina Marga kendaraan-kendaraan tertentu bisa melewati jalan tersebut, walaupun itu penanganan yang darurat.

"Tetapi bukan sampai disitu, untuk itu Komisi III akan melakukan peninjauan demi mengetahui sejauh mana penanganan yang dilakakukan oleh Dinas PU Propinsi kususnya bidang Bina Marga, kalaupun ada yang lebih lanjut akan dilakukan untuk memperbaiki jalan itu, Dinas PU harus dengan cepat mengerjakan, karena jalan itu termasuk jalan utama yang selalu dilewati oleh kendaraan-kendaraan berat", tutur Mamonto.

Ditambahkan Mamonto, jika dengan melakukan penggaliaan tanah terlalu sulit, bisa saja membuat jembatan dilokasi yang sama, karena diketahui bersama, bahwa jalan tersebut selalu mengalami penurunan. Penurunan tanah itu alam, tidak ada yang bisa memperbaiki jika penurunan tanah alam yang melakukan.

"Dinas PU Propinsi harus mengambil langkah-langkah seperti membuat jembatan saja, karena sudah tidak bisa ditanggulangi dengan menambun atau menggali lagi, namun kami ketahui itu butuh dana dan butuh proses", tandas legislator Dapil Bolmong ini.