Senin, 14 Mei 2012 – 04:42 WITA Telah dibaca 2527 kali

Buka Pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi

Gubernur: SULUT Tempat Belajar Tentang Kerukunan

Gubernur Sulawesi Utara Dr. Sinyo Harry Sarundajang hari Sabtu, 12 Mei 2011 membuka secara resmi Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-24 Tingkat Provinsi Sulawesi Utara yang berlangsung di Lapangan Kembar Boroko Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Acara Pembukaan yang diikuti oleh seluruh kallifah peserta MTQ dari 15 kabupaten kota se Sulawesi Utara ditandai dengan deffile peserta yang disaksikan oleh ribuan masyarakat kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Bolmong raya.

Ketua Panitia Pelaksana Ir. H. Saut Kumangki, MSc, dalam laporannya mengatakan total peserta yang mengikuti MTQ berjumlah 283 orang dan akan berlomba dalam 7 cabang yaitu Tilawah Qur’an, Fahmil Qur’an, Hifzil Qur’an, Tafsir Qur’an, Syahril Qur’an, Kath Al Qur’an dan Karya Ilmiah Qur’an. Para juara MTQ tingkat provinsi ini akan mewakili provinsi Sulawesi Utara dalam MTQ tingkat nasional ke-24 yang akan berlangsung di Ambon Maluku bulan Juni.

Selama perlombaan yang akan berlangsung sampai dengan tanggal 17 Mei, para peserta dan ofisial diinapkan di rumah masyarakat di Boroko dan Kaidipang sementara lomba akan berlangsung di beberapa tempat di Boroko. MTQ kali ini mengambil tema "Melalui MTQ ke-24 kita tingkatkan kemampuan baca tulis Al Qur’an untuk mewujudkan Generasi Emas Indonesia".

Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara Ir Siswa Rahmat Mokodongan selaku Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) provinsi Sulawesi Utara dalam sambutannya mengatakan bahwa MTQ dimaksudkan sebagai salah satu sarana untuk pengamalan Al Qur’an melalui membaca, menghafal, menulis, memahami dan menyampaikan tuntunan Al Qur’an yang diimplementasikan melalui semua cabang yang dilombakan.

Sebelumnya Bupati Bolaang Mongondow Utara, Hamdan Datunsolang menyatakan rasa terima kasih rakyat kabupaten Bolaang Mongondow Utara atas kepercayaan pemerintah provinsi melalui LPTQ kepada rakyat Bolmut untuk melaksanakan kegiatan mulia tersebut. Bupati juga memaparkan kondisi masyarakat Bolmut serta terus memohon dukungan pemerintah Provinsi untuk pembangunan Bolmut kedepan.

Dalam sambutannya Gubernur Dr. Sinyo Harry Sarundajang mengatakan bahwa Sulawesi Utara selama ini telah sangat dikenal sebagai daerah yang rukun dan damai. "Banyak daerah lain di Indonesia yang menjadikan Sulawesi Utara sebagai tempat belajar tentang kerukunan. Hal ini tentunya sangat membanggakan dan memberikan motivasi kepada Pemerintah dan seluruh rakyat untuk terus membangun dan mengembangkan kerukunan hidup antar umat beragama", ujar gubernur.

Gubernur juga mengingatkan bahwa potensi gangguan terhadap kerukunan tersebut selalu ada oleh karena itu masyarakat diminta untuk tidak terprovokasi dengan hal-hal yang dapat menggangu kerukunan yang telah terbina.
"Pembangunan yang selama ini dilaksanakan tidak semata-mata diarahkan pada pembangunan fisik berupa sarana dan prasarana dan fasilitas pendukungnya tetapi yang sangat penting juga adalah pembangunan mental yang akan membentengi segenap bangsa ini dari hal-hal yang sifatnya negatif", jelasnya.

Untuk itu, gubernur meminta masyarakat Sulawesi Utara untuk terus menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan serta toleransi antar umat beragama yang selama ini menjadi ciri khas masyarakat Sulawesi Utara.

Pada bagian lain gubernur juga memuji kemajuan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara sebagai daerah pemekaran yang mengamali kemajuan yang sangat signifikan. Pemerintah Provinsi akan terus memberikan dukungan bagi pembangunan Kabupaten Bolaang Mongodow Utara ke depan, demikian dijelaskan jurubicara pemerintah provinsi SULUT, Christian Sumampow.