Senin, 18 April 2011 – 11:46 WITA Telah dibaca 1828 kali

Kansil Teruskan Bantuan Kemensos

Wakil gubernur SULUT, Djouhari Kansil.

Bantuan kapal dan kendaraan operasional bencana alam dari Kementerian Sosial RI untuk lima Kabupaten di SULUT diteruskan oleh wakil Gubernur SULUT, Drs Djouhari Kansil, MPd.

Penyerahaan bantuan secara simbolis dilakukan Djouhari Kansil kepada Bupati Bolmut, Drs Hamdan Datunsolang ditandai dengan penyerahan kunci kendaraan di loby kantor Gubernur SULUT, Senin (18/04).

Lima Kabupaten yang menerima bantuan kapal dan kendaraan operasinal bencana alam dari Kemensos tersebut yakni Kabupaten Bolmut menerima satu unit kendaraan jenis Izuzu tipe LS Rescue Tactical Unit (RTU), sama halnya dengan Kabupaten Sitaro satu unit kendaraan jenis Izuzu tipe LS RTU.

Sementara Kabupaten Sangihe dan Minut mendapatkan kendaraan truk jenis Izuzu. Kabupaten Talaud mendapatkan satu buah kapal cepat. Tak ketinggalan pula dengan Dinas Sosial Provinsi SULUT ikut mendapatkan bantuan tiga unit fasilitas penanggulangan bencana dari Kemensos yakni berupa kendaraan RTU, motor dan kapal laut.

Kansil mengharapkan, kapal dan kendaraan operasional bencana alam ini dapat digunakan sesuai dengan peruntukannya yakni untuk kepentingan penanggulangan bencana alam yang terjadi didaerahnya. Jangan digunakan untuk kepentingan lainnya, apalagi sampai merubah nama dan bentuk untuk dijadikan kendaraan operasional pengawalan Bupati, sama sekali itu semua tidak bisa, tegas Kansil.

Kansil juga menyayangkan, dalam penyerahan kapal dan kendaraan operasional bencana alam tersebut hanya dihadiri Bupati Bolmut, sementara empat kabupaten lainnya hanya diwakilkan, Kabupaten Sitaro dan Talaud hanya diwakili Sekda, Drs Jhon Palandung dan Kadis Sosial dan Nakertrans Herry Lano, SE. MM dan Plt Sekda Talaud, Deny R Tatuwo, sedangan Minut dan Sangihe hanya dihadiri Kadis Sosialnya.

Kadisos dan Nakertrans Kabupaten Sitaro, Herry Lano, SE. MM menyebutkan, Kabupaten penghasil buah pala ini selang tiga tahun terakhir ini telah mendapatkan bantuan kendaraan operasional bencana alam dari Kementerian Sosial yakni tahun 2008 satu unit mobil tangki air, tahun 2009 satu unit mobil truk dan tahun 2010 ini mendapatkan satu unit mobil RTU, ujarnya.