Jumat, 6 Mei 2011 – 09:15 WITA Telah dibaca 2556 kali

SD Advent Bohabak, Puluhan Tahun Satu Ruangan

Foto ilustrasi.

Menarik untuk menyimak kondisi sekolah dasar SD Advent Bohabak di desa Bohabak kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut). Selama puluhan tahun sejak berdiri tahun 1971, sekolah tersebut hanya menggunakan satu gedung seluas 7x8 meter saja.

Hal tersebut diungkapkan ketua Majelis Sekolah SD Advent Bohabak, Ezra Panese kepada SUARAMANADO lewat telepon Jumat (6/5). Dijelaskan Panese yang juga Sangadi (kepala desa-red) Baturapa ini, selama puluhan tahun, ruang selebar 7x8 meter itu digunakan sebagai ruang kelas 1 hingga 6, termasuk ruang perpustakaan dan ruang kepala sekolah. "Bisa dibayangkan ruang sekecil itu dibagi dalam beberapa kelas dan fungsi. Tapi itulah yang sudah kami jalani", ungkapnya.

Berkat usaha yang keras dan bantuan pemerintah daerah setempat, baru-baru ini sekolah swasta satu-satunya dari 5 SD di daerah tersebut mendapat bantuan pembangunan fisik dari pemerintah setempat. Hasilnya, saat ini sekolah telah memiliki satu unit bangunan dengan luas sebesar 7x15 meter.

"Kini ruangan yang lama digunakan untuk satu kelas", ungkap Panese seraya mengucapkan syukur dan terima kasih kepada pemerintah daerah yang sudah membatu sekolah ini, sehingga bisa mendapatkan fasilitas yang lebih layak untuk penyelenggaraan pendidikan. Dirinya menambahkan bahwa saat ini, sekolah bahkan telah memiliki fasilitas komputer yang sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan modern seperti sekarang ini.

"Bupati Bolmut telah mengalokasikan dana Rp. 250 juta untuk pembangunan fisik di luar mebel dan akan direalisasikan pada bulan Juli 2011 mendatang", pungkasnya