Selasa, 12 Juni 2012 – 11:52 WITA Telah dibaca 1136 kali

Pemprov Tinjau Tapal Batas Mitra Boltim

Karo Pemerintahan dan Humas Setda Provinsi SULUT Dr. Noudy RP. Tendean,SIP. MSi selaku Sekretaris Tim Penegasan Batas Daerah Provinsi (TPBDP) melakukan peninjauan batas daerah antara Kabupaten Mitra dan Kabupaten Boltim, Selasa (12/6).

Peninjauan turut didampingi Kabag Pemerintahan Drs. Lucky Taju MSi, Kasubag Dekonsentrasi dan TP Boslar Sanger, SE serta Kasubag Penerangan dan Publikasi AY. Rambing, S.Sos.

Karo Pemerintahan dan Humas Dr. Noudy Tendean menyatakan, peninjauan yang dilakukan saat ini merupakan tindak lanjut dari hasil rapat koordinasi batas daerah yang dipimpin langsung Gubernur SULUT Dr. Sinyo Harry Sarundajang pada 30 Mei 2012 lalu, di Manado. Dalam rakor tersebut, Bapak Gubernur telah memberi waktu paling lambat dua minggu bagi kabupaten/kota yang bersengketa batas daerah untuk diselesaikannya, sambil memberi tiga alternatif sebagai solusi terbaik kepada masing-masing daerah, ujarnya.

Dalam peninjauan itu, Tendean telah melakukan kros cek dan verifikasi lapagan berdasarkan dokumen sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Tiga hal yang menjadi harapan Pemprov SULUT dalam proses fasilitasi penyeleaian batas daerah di empat kabupaten/kota yang bersengketa yaitu, pemerintah dan masyarakat dapat mendukung antara lain, memberikan data informasi yang akurat sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku dan juga mampu menjaga stabilitas keamanan di wilayah masing-masing sehingga tercipta situasi yang kondusif serta tidak mengembangkan wacana atau pernyataan yang tidak mendasar yang akhirnya dapat mengganggu stabilitas dan yang menggangu proses penyelesaian tapal batas itu, tegas mantan Dirut IPDN Regional SULUT itu.

Kegiatan yang sama pula telah dilakukan TPBDP dipimpin Karo Pemerintahan dan Humas Dr. Noudy Tendean, di batas daerah Kota Bitung dan Kabupaten Minut, pada Senin (11/6) pekan lalu. Sebelum turun lapangan Tim melakukan kajian terhadap dokmen terkait dengan penyelesaian batas antar daerah Mitra dan Boltim di ruang kerja Karo Pemerintahan dan Humas. (Kabag Humas Ch. Sumampow, SH MEd selaku jubir pemprov).