Rabu, 4 Mei 2011 – 08:06 WITA Telah dibaca 1965 kali

Sarundajang: PKK Harus Jadi Pelopor Situasi Rukun dan Damai

Gubernur SULUT, SH Sarundajang dalam satu kesempatan.

Gubernur Sulawesi Utara, Sinyo Harry Sarundajang menyatakan, tim penggerak PKK harus menjadi pelopor dalam upaya penciptaan kondisi yang rukun dan damai.

Hal tersebut disampaikan Sarundajang dalam acara peringatan hari kesatuan gerak PKK ke 39 dan pencanangan bulan bhakti gotong royong masyarakat VIII tingkat provinsi SULUT, tahun 2011, yang digelar di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Selasa (3/5).

"Sebagai ibu rumah tangga dan pilar keluarga, maka segenap komponen tim penggerrak PKK harus mampu menciptakan harmoni hidup ditengah masyarakat’, ujar Sarundajang.

Ditambahkannya, tim PKK harus juga menghadapi tantangan global yang realistis, dimana hak asasi perempuan dan perlindungan anak masih diwarnai ketidak adilan atau diskriminasi, tindakan kekerasan bahkan trafficking masih menjadi permasalahan yang menonjol di berbagai daerah, termasuk di SULUT.

Disamping itu, upaya mewujudkan keluarga yang harmonis, seiring terkendala oleh kondisi social ekonomi keluarga yang masih bergelut dengan terbatasnya askes pendidikan yang menyebabkan anak putus sekolah, dan berbagai permasalahan lainnya.

"Untuk menjawab realitas dan tantangan tersebut, maka diperlukan pembuktian dari segenap jajaran timpenggerak PKK sendiri, untuk semakin produktif, serta memilih untuk semakin pro aktif dan produktif, serta lebih professional dan proposional dalam melakukan tugas dan fungsinya, mengembangkan kesejahteraan keluarga, memahami program social masyarakat, menajemen partisipatif sebagai strategi pemberdayaan keluarga’, papar Sarundajang.

Dirinya menegaskan, saat ini PKK harus menjadi penyejuk hidup, berperan aktif dalam pelestarian lingkungan. Melalui tim penggerak PKK diharapkan juga perkembangan potensi perempuan SULUT bisa maju sebagai satu langkah awal menuju SULUT sebagai pintu gerbang Indonesia di kawasan Asia Pasiifik.

Sementara itu, ketua timpenggerak PKK SULUT, ibu Deitje Sarundajang menyatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk penguatan persatauan antar masyarakat dalamberbagai bidang pembangunan serta meningkatkan peran aktif masyarakat terutama kaum perempuan.

Dalam kegiatan itu, panitia melaksanakan berbagai lomba dan kegiatan antar tim pengggerak PKK Kabupaten Kota se SULUT. Hadir juga dalam kegiata itu unsure forum koordinasi pimpinan daerah SULUT.

Sebelumnya juga Gubernur sempat membagikan bibit ikan di Danau Buyat dan memantau simulasi pelaksanaaan Musrembang kebupaten Boltim.