Rabu, 31 Agustus 2016 – 18:05 WITA Telah dibaca 664 kali

Diduga Tak Didukung Suami

Guru SDN 1 Kotabunan Alpa Dua Bulan

Jurike Koyongian

SUARAMANADO, KOTABUNAN - Salah guru di Sekolah Dasar Negeri (SDN) I Bulawan Kecamatan Kotabunan, dikeluhkan para orangtua murid. Mengapa tidak, oknum guru inisial FA terhitung sudah dua bulan tak menunaikan tugas selaku pengajar.

"Sudah dua bulan tidak mengajar anak-anak kami di kelas", ungkap sejumlah orang tua murid yang meminta identitasnya tak dipublish. Menurut mereka, kelalaian oknum guru ini bisa berdampak pada nama baik sekolah terutama siswa yang dibimbingannya.

"Guru ini wali kelas anak-anak kami. Kalau tidak mengajar seperti ini, anak-anak kami yang dirugikan termasuk merusak nama baik sekolah", cetus salah satu orang tua siswa.

Pun Kepala Sekolah SDN I Bulawan, Jurike Koyongian dikonfirmasi wartawan membenarkan salah satu guru di sekolah yang dipimpinnya sudah dua bulan tak masuk sekolah.

"Cuma masuk saat pelaksanaan ujian sekolah dan dia mengajar sampai ulangan semester. Setelah itu sampai sekarang tidak pernah masuk", kata Jurike, Selasa (30/08/2016).

Dia berspekulasi, kealpaan FA karena faktor suami yang kurang mendukung karena alasan sekolah dengan kampung domisili berjauhan.

"Dia sempat bilang, suaminya minta dia pindah sekolah supaya dekat dengan suami. Alasannya suami FA mempunyai usaha di kampung", kata Kepsek Jurike.

Jurike mengaku, pihaknya sudah menyurati bersangkutan, juga telah menghubungi berkali-kali melalui telpon genggam namun sampai saat ini belum juga terjawab.

"Kami kekurangan guru. Saat ini kami hanya memiliki guru PNS 11 orang dan honor 3 orang, sedangkan kelas ada 12 rombel. FA tak lagi aktif maka masalah kekurangan guru kita bertambah", katanya.

Demi mengisi kekosongan, aku Kepsek Jurike, terpaksa dia turun pegang kelas. Dia menyayangkan oknum guru FA tak lagi mengajar padahal dia guru sertifikasi yang diikat 24 jam mengajar dalam satu minggu.