Rabu, 5 November 2014 – 20:57 WITA Telah dibaca 1479 kali

RPJMDes Kecamtan Pinolosian Tengah Terkendala Pagu Anggaran Desa

Daanan Mokodompit, Camat Kecamatan Pinolosian Tengah Kabupaten Bolsel
SUARAMANADO, Bolsel. Diakui Daanan Mokodompit selaku Camat Kecamatan Pinolosian Tengah Kabupaten Bolmong Selatan dimana aparat desa di wilayah kerjanya mendapat kesulitan dalam penyusunan RPJMDes maupun RKTDes sesuai amanat UU No. 6 / 2014 tentang Desa karena belum adanya Pagu Anggaran yang dikeluarkan pemerintah.

Hal tersebut dikatakan Daanan usai mengikuti Sosialisasi UU No.6 Tahun 2014 Tentang Desa di Hotel Sahid Kawanua Manado (5/11) yang dilakukan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan dan Perkotaan Propinsi SULUT. Seharusnya RPJMDes 2015 harus selesai disusun oleh Sangadi (Kepala Desa) bersama BPD pada 31 Desember 2014, tetapi ada beberapa hal yang menjadi kendala dimana Peraturan Pemerintah, Permendagri, Pergub, dan Perbub hingga saat ini belum ada ditangan masing-masing pemerintah di tingkat Desa sebagai acuan dalam penyusunan RPJMDes maupun RKTDes.

Selain itu, para Sangadi masih dituntut untuk merampungkan Laporan Pertanggung jawaban atas anggaran ADD tahun 2014. Agar seluruh tugas dan tanggung jawab Kepala Desa atau Sangadi dapat diselesaikan sesuai batas waktu yang ditetapkan maka selaku Camat di Pinolosian Tengan telah mengambil langkah antisipasi dengan melakukan pendampingan melalui Kasie PMD Kecamatan.

Hal lain yang dilakukan di Kecamatan Pinolosian Tengah menurut Daanan, dimana pihaknya telah mengambil langka antisipasi atas pemberlakuan UU No. 6 / 2014 melalui pendataan dimasing-masing Desa dan merekrut satu orang tenaga sebagai operator computer yang ditempatkan didesa tersebut.

Diharapkan kedepan dilakukan Diklat bagi pengelolaan keuangan Desa dalam rangka peningkatan kapasitas SDM dimasing-masing Desa. Jika hal ini telah dilaksanakan maka diharapkan tidak terjadi kesalahan dalam pengelolaan keuangan Desa oleh kepala desa selaku Kuasa Pengguna Anggaran dan Bendaharawan Desa.

Pihaknya optimis penyusunan Perdes 2015 akan selesai tepat waktu sambil menunggu penyesuaian terhadap aturan pemerintahPusat hingga peraturan Bupati sebagai penjabaran terhadap UU No. 6 Tahun 2014 (jansen)