Jumat, 13 Mei 2016 – 04:23 WITA Telah dibaca 620 kali

Kapal Penyanggah Perikanan Tepantau Secara On-Line

Dr. Ir. Tineke Adam Kabid Tangkap Dinas Kelautan Perikanan SULUT
SUARAMANADO,Bitung. Mentri Kelautan Perikanan Susi Pujiastuti secara resmi meluncurkan Kapal Penyanggah Perikanan di Pelabuhan Perikanan Kota Bitung Sulawsu Utara(13/5) tanda berakhirnya Moratorium disektor Perikanan Tangkap. Menurut Kepala Dinas Kelautan Perikanan Propinsi Sulawesi Utara

Ir. Ronald Sorongan,M.Si melalui Dr. Ir. Tineke Adam selaku Kabid Tangkap mengatakan bahwa; Kapal Penyanggah Perikanan yang diluncurkan Mentri Susi dilengkapi dengan CCTV yang terpasang diatas setiap kapal guna memberi laporan secara On-Line kegiatan pemutan dan bongkar ikan diatas kapal tersebut.

Lanjut menurut Tineke, setiap kegiatan apapun diatas kapal dapat dipantau secara langsung oleh Mentri Susi lewat UP maupun fasilitas internet dimasing-masing kantor yang berkaitan dengan pengawasan perikanan. Selain dipasang CCTV yang nilainya hampir Rp. 90 Juta, maka setiap kapal disiapkan Opserver yaitu orang yang ditugaskan oleh Kementrian KP dalam memantau kegiatan kapal sekaligus melaporkan hasil tangkapan atau muatan diatas kapal kepada otorita pelabuhan perikanan.

Ditegaskan Tineke munculnya istilah Kapal Penyanggah Perikanan tidak sama pengertiannya dengan istilah Transhipment. Fungsi Kapal Penyanggah adalah menampung ikan hasil tangkapan kapal penangkap ikan untuk dibawah ke Unit Pengolahan Ikan.

Sementara pengertian dari istilah Transhipment yang disoalkan selama ini yaitu; Pemindahan ikan hasil tangkapan kapal penangkap ikan ke atas kapal penangkap ikan yang lain kemudian selanjutnya dibawah ke Luar Indonesia tanpa melalui prosedur export di pelabuhan resmi di dalam Negeri.

Dengan penerapan sistem pengawasan bagi Kapal Penyanggah Perikanan maka sabgat kecil kemungkinan ikan hasil tangkapan nelayan kabur ke luar Indonesia, jika masih ada yang nekad melakukan pelanggaran maka siap menerima resiko kapalnya ditenggelamkan,jelas Ine’ sapaan akrabnya dalam mengutip ucapan Mentri Susi saat dialog bersama nelayan di Kota Bitung.(jansen)