Selasa, 9 April 2013 – 20:11 WITA Telah dibaca 329 kali

Nyonya Josephine Taroreh Bawa Materi Penyuluhan Keluarga

Acara Penyuluhan Bagi Ibu Rumah Tangga Dalam Membangun Keluarga Sejahterayang diadakan oleh Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi SULUT dan Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Utara hari ini, Selasa (9/4) digelar di Ruang Pertemuan Lantai-IV Gedung Pelni Kota Bitung. Kegiatan dihadiri oleh Ketua TP-PKK Provinsi Sulawesi Utara Ny Deitje Sarundajang Laoh Tambuwun, Ketua TP-PKK Kota Bitung Ny. Josephine Sondakh Taroreh, Assisten III Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ny. Dahlia Kaeng, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Bitung Ny. Telly Humiang Muhaling, Kabag Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Rita Sumiok, Camat Maesa Victorine Lengkong, Camat Matuari Ellen Sutrisno, beserta anggota TP-PKK Provinsi Sulawesi dan TP-PKK Kota Bitung.

Acara ini dibuka langsung oleh Ketua TP-PKK Provinsi Sulawesi Utara Ny Deitje Sarundajang Laoh Tambuwun, dalam sambutannya Ny, Deitje Sarundajang Laoh Tambuwun menghimbau agar TP-PKK Sulawesi Utara agar dapat berperan aktif dalam mendukung program pemerintah, TP-PKK harus menjadi rekan kerja pemerintah dalam membina generasi muda dari segi mental dan spiritual. Keluarga, Masyarakat dan Pemerintah harus bergandengan tangan dalam mendidik generasi muda sehingga tidak terjerumus kedalam pergaulan bebas yang mengakibatkan hilangnya pilar-pilar penerus generasi bangsa Indonesia.

Ketua TP-PKK Kota Bitung Ny. Josephine Sondakh Taroreh yang pada kesempatan ini membawakan materi tentang "Kesehatan Reproduksi dan HIV/AIDS" didampingi dr. Ellen Wuisan memaparkan beberapa kegiatan TP-PKK Kota Bitung dalam upaya mengatasi/ menurunkan angka kematian anak dan meningkatkan kesehatan ibu hamil lewat program Mendekatkan pelayanan kesehatan ibu dan bayi baru lahir yg "berkualitas" kepada masyarakat, dengan 3 pesan kunci, yaitu:

  1. Setiap persalinan ditolong tenaga kesehatan terampil
  2. Setiap komplikasi obstetri dan neonatal ditangani secara adekuat.
  3. Setiap wanita usia subur mempunyai akses terhadap pencegahan KTD atau kehamilan tidak diinginkan dan penanggulangan komplikasi keguguran.

Taroreh juga menyampaikan beberapa langkah yang dapat ditempuh masyarakat dalam upaya pencegahan penyebaran penyakit menular HIV/ AIDS, yaitu:

  1. Tidak melakukan hubungan seks sebelum nikah,
  2. Saling setia pada pasangannya,
  3. Mengunakan alat kontrasepsi secara konsisten dan benar,
  4. menolak pengunaan Napza terutama narkoba suntik, dan
  5. mempergunakan peralatan medis yang steril

Melalui penanggulangan ini diharapkan angka penderita HIV/ AIDS di Kota Bitung dapat terus ditekan dan misi membangun Keluarga Sejahtera di Provinsi Sulawesi Utara khususnya Kota Bitung dapat terwujud.

egy