Senin, 24 September 2012 – 15:49 WITA Telah dibaca 1408 kali

Lomban IRUP di HUT ke-48 SULUT dan HUT PMI ke-67

Memperingati hari ulang tahun ke-48 provinsi yang biasa di sapa nyiur melambai atau Sulawesi utara yang jatuh pada tangal 23 September lalu, dan hari ulang tahun palang merah Indonesia (PMI) yang ke-67 jajaran pemerintah kota Bitung dan PMI cabang Bitung menggelar upacara bersama di lapangan upacara kantor walikota Bitung, Senin 24/9. Dalam upacara ini wakil walikota Bitung M.J.Lomban.SE.MSi. yang juga pembina PMI menjadi inspektur upacara.Uupacara yang dihadiri oleh ratusan peserta, baik pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan pemerintah kota Bitung, hadir juga para pengurus PMI, Korps suka rela (KSR) dan tim siaga bencana berbasis masyarakat (SIBAT) serta PMR serta FKPD.

Lomban saat membacakan sambutan gubernur SULUT S.H Sarundajang terkait HUT provinsi serta sambutan ketua umum PMI Yusuf Kalah terkait HUT PMI ke 67 mengatakan bahwa di era keterbukaan dan persaingan di berbagai sektor baik skala daerah dan nasional, provinsi SULUT telah banyak memberikan perhatian dan peran untuk meningkatkan pembangunan di berbagai bidang tujuannya untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan masyarakat, seperti pembangunan jalan tol Manado-Bitung, pengembangan kawasan ekonomi khusus, pengembangan kawasan minapolitan, perluasan dan peningkatan produksi pertanian, penyelenggaraan berbagai iven nasional dan internasional yang berhasil digelar dalam rangka ajang promosi daerah dan meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak serta kegiatan lainnya sehingga diharapakan SULUT akan menjadi primadona di Indonesia timur dan pacifik.

Kami berharap agar melalui peringatan HUT ke-48 akan menjadi momentum kebangkitan sulawesi utara dan butuh juga topangan masyarakat agar SULUT akan semakin baik", ujarnya, terkait dengan HUT PMI ke-67 Lomban pun berharap agar peran serta dalam upaya penanggulangan bencana, peduli lingkungan, donor darah serta kepedulian sosial akan terus dimantapkan sejak dini sebagaimana program PMI pusat saat ini yakni meningkatkan peran serta generasi muda untuk kepedulian bagi sesama kita untuk kejayaan bangsa dan negara.

Dalam kegiatan ini PMI cabang Bitung memberikan penghargaan bagi instansi pemrakarsa donor darah, pemrakarsa donor darah dan pendonor yang diterima langsung oleh kapolres Bitung AKBP. Satake Bayu, SIK, dandim 1310 Bitung Letkol.Inf. Hardo P. Sihotang, dan Yonharmarlan VIII, Kejaksaan negeri Bitung, Pengadilan negeri Bitung, PT. Indofood sukses makmur, tbk, PT. Pertamina depot Bitung, PT. Bimoli, PT. Multi Nabati Sulawesi, dan Bank NISP.

Kemudian dalam perayaan HUT Provinsi SULUT dan PMI kali ini pemerintah kota Bitung menyerahkan bantuan kepada gabungan kelompok tani (Gapoktan) masing-masing sebanyak 100 juta per kelompok yang diserahkan oleh wawali M.J.Lomban.

Dan diakhir upacara PMI cabang Bitung melalui KSR, TSR, PMR dan SIBAT melakukan simulasi penanganan bencana dan dipantau langsung oleh wawali bersama ketua PMI Bitung Ny. Khouni Lomban Rawung,MS