Kamis, 13 September 2012 – 12:41 WITA Telah dibaca 495 kali

Sondakh Buka Rapat Forbes APIP SULUT

Walikota Bitung Hanny Sondakh, Kamis (13/9) membuka rapat forum bersama aparat pengawas internal pemerintah (Forbes APIP) yang dilaksanakan di BPU Kantor Walikota. Acara sehari ini diawali dengan laporan kegiatan oleh kepala inspektorat kota Bitung Drs. Tonny Katuuk.

Menurut Katuuk bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyusun program kerja, memantapkan komitmen serta menyamakan persepsi pengawasan untuk berperan membangun good governance menuju clean goverment, selain itu sebagai ajang sosialisasi keberadaan forbes APIP di daerah" ujar Katuuk. selanjutnya Katuuk menjelaskan sebanyak 15 kabupaten / kota se-SULUT, inspektorat provinsi SULUT dan BPKP perwakilan SULUT mengikuti kegiatan ini.

Walikota Bitung Bitung dalam sambutannya berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan kontribusi bagi seluruh kabupaten / kota se-provinsi sulawesi utara berupa rekomendasi-rekomendasi dalam upaya memperbaiki dan meningkatkan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah sehingga penyelenggaraan pemerintah daerah benar-benar sesuai dengan ketentuan menuju good goverment dan clean governance dan setiap tahunnya akan mengalami perbaikan dan peningkatan kualitas menjadi wajar tanpa pengecualian (WTP) dan ini akan menjadi budaya dalam sistem pemerintahan daerah dalam pengelolaan keuangan dan administrasi pembangunan pemerintahan.

"Apa yang kita lakukan bukan hanya semata-mata untuk meraih prestasi dan pengakuan tetapi yang paling penting bagaimana kita menciptakan dan membiasakan setiap pengelola keuangan dan penyelenggara pemerintah melaksanakan tugas dan tangung jawab dengan akuntabel dan transparan untuk diwariskan bagi generasi penerus di masa kini dan masa yang akan datang sehingga harapan kita mewujudkan pembangunan yang berkualitas pula akan terwujud", ujar Sondakh.

Hadir dalam kegiatan ini kepala Inspektorat Provinsi SULUT, Jefry Korengkeng, SH, Wakil walikota Bitung M.J. Lomban, SE, MSi serta para kepala inspektorat kabupaten/kota se-SULUT. Usai acara pembukaan kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh direktur pengawasan penyelenggaraan keuangan daerah wilayah II BPKP pusat Dra. Sripeni Ratnasari, MM. dan menjadi moderator kepala perwakilan BPKP SULUT yang juga akan membawa materi Adil Hamonangan Pangihutan.