Selasa, 24 April 2012 – 07:08 WITA Telah dibaca 848 kali

Sekot Terima Kunjungan Wagub Sumatera Barat

Sekretaris Kota Bitung Drs. Edison Humiang MSi, Senin (23/4 menerima kunjungan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat H. Muslim Kasim beserta rombongan di ruang kerja Sekot.

Humiang yang didampingi Asisten Bidang Keuangan dan Asset Petrus Tuange SSos, Kadis Kelautan dan Perikanan Ir. Hengkie Wowor dan Kabag SDA Stephen Tuwaidan SSos menyambut baik kedatangan Wagub Sumbar dan rombongannya. "Selamat datang di Bitung pak Wagub, kota multidimensi yang dijuluki kota Cakalang", kata Humiang di awal pertemuannya.Wagub Sumbar H Muslim Kasim menyatakan bahwa maksud kunjungannya ke Kota Bitung yaitu untuk mempelajari bagaimana sektor perikanan di Kota Bitung mempengaruhi ekonomi dan kesejahteraan rakyatnya.

"Saya membawa Kadis Perikanan & Kelautan Provinsi Sumbar dan Kota Padang untuk belajar tentang pengelolaan perikanan di Kota Bitung", kata Kasim.

Humiang mengatakan bahwa sebagian besar mata pencaharian rakyat Kota Bitung adalah di sektor perikanan baik itu sebagai nelayan maupun buruh di perusahaan perikanan. "Kota Bitung memiliki 5 perusahaan yang bergerak dalam pengelolaan hasil perikanan sehingga rakyat kota Bitung banyak yang bekerja di sektor perikanan baik sebagai nelayan atau buruh pabrik pengolah hasil ikan ataupun pedagang ikan", kata Humiang. Kadis Perikanan dan Kelautan Ir. Hengkie Wowor kemudian menambahkan bahwa hasil ekspor perikanan untuk Provinsi SULUT 90 persen lebih berasal dari Kota Bitung.

Wagub Sumbar didampingi oleh Asisten II H. Syahrial, Kadis Kelautan Perikanan Prov Sumbar Ir. Yosmeri, Kadis Kelautan dan Perikanan Kota Padang Ir. Zalbadri, Staf Ahli Gubernur Zul Evi Astar dan kepala BPM Provinsi Sumbar Irvan Khairul Ananda.