Selasa, 13 Maret 2012 – 09:21 WITA Telah dibaca 772 kali

Atraksi Warnai HUT ke-62 SatPol PP

Pemerintah Indonesia merasa bangga atas kesetiaan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) sebagai penjaga dan pengawal ketertiban umum di daerah. di era otonomi daerah, khususnya bagi pemerintah daerah penegakan peraturan daerah (Perda) sangat teknis dalam menciptakan ketertiban dan ketentraman. Pelaksanaan perda perlu dilakukan dalam menciptakan suasana yang kondusif. situasi yang tertib dan tenteram di masyarakat pada gilirannya akan berdampak pada situasi keamanan kondusif dan situasi keamanan yang kondusif akan memperkuat ketahanan nasional secara umum.

Hal ini disampaikan pada sambutan tertulis Menteri Dalam Negeri RI yang dibacakan oleh wakil walikota Bitung M.J.Lomban, SE, MSi pada apel puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-62 digelar di lapangan upacara kantor walikota Bitung, Senin (12/3). Melalui HUT Satpol PP ke-62 ini Satpol PP harus meningkatkan profesionalisme dalam melaksanakan tugas-tugasnya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. "pertama tugas Satpol PP dalam hal penegakan Perda, yang kedua dalam hal penyelenggaraan pemerintahan umum dan ketertiban masyarakat", imbuhnya. HUT Satpol PP ke-62 ini mengambil tema "dengan Semangat HUT Satpol PP ke-62, Satuan Polisi Pamong Praja Siap Mengawal Penguatan Peran Gubernur Sebagai Wakil Pemerintah Pusat di daerah Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Melalui Optimalisasi Penegakan Peraturan Daerah dan Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat". Apel yang dimulai pukul 07.30 WITA ini dihadiri oleh sekretaris daerah kota Drs. Edison Humiang,MSi. wakil ketua TP PKK Ny. Dra. Khouni Lomban Rawung,MSi. dan Ny. Telly Humiang Muhaling, SPd serta unsur forum koordinasi pimpinan daerah, diantaranya Ketua DPRD Santi Luntungan, ST wakil ketua DPRD Ir. Maurits Mantiri dan Baby Palar. SH.MAP. kapolres Bitung AKBP. Satake Bayu.SIK. Dandodik secata B. Letkol. Inf. Tiur Siahaan, kasie intel kejari Wahyudin. SH. dan kasat Satpol PP Herry Benjamin, SH serta kepala SKPD dilingkungan pemerinatah kota.

Acara ini berlangsung meriah penuh dengan atraksi yang diperagakan oleh Satpol PP kota Bitung untuk memperlihatkan kesiapan satuan polisi pamong praja dalam melaksanakan tugas, diantaranya peragaan kemampuan bela diri, pertahanan dan pasukan pemukul. di samping itu puncak acara ini dilakukan penandatanganan momerandum of understanding Mapalus Kamtibmas di kota Bitung antara pemerintah kota Bitung dan instansi terkait seperti Polres Bitung, kodim 1310, Yonmarhanlan VIII dan kejari Bitung.