Kamis, 9 Februari 2012 – 10:04 WITA Telah dibaca 1224 kali

Humiang: Salindeho Jangan Bikin Pembohongan Publik

Pemadaman Listrik Bukti Kelemahan PLN

Pepohonan di jalanan membantu memberikan suasana segar dan nyaman.

Pemadaman listrik yang melanda kota Bitung mendapatkan perhatian pemerintah provinsi SULUT dan DPRD SULUT, sebagaimana hearing yang dilakukan oleh komisi III DPRD Provinsi Rabu 8/02.

Menariknya, hearing yang dihadiri oleh kepala ranting PLN Bitung Alfons Salindeho justru menyudutkan pemerintah kota Bitung. Salindeho menuturkan bahwa pemadaman listrik akibat tidak adanya dukungan dan kerjasama pemerintah kota Bitung terkait pemangkasan pohon disepanjang jalur jalan utama yang hampir mendekati kabel listrik.

Pernyataan ini ditangapi oleh sekretaris daerah kota Drs. Edison Humiang,MSi. Menurut Humiang bahwa Salindeho jangan melakukan pembohongan publik dan mendustai masyarakat sebab pemadaman listrik saat ini merupakan bukti kelemahan dan kelalaian PLN sendiri yang tidak mau berupaya meningkatkan kapasitas dan pelayanan konsumen.

"Sebab secara logika pohon-pohon yang ada di pinggir jalan bukan penyebab utama sehingga listrik padam, sejak beberapa tahun ini tidak terdengar akibat pohon tumbang sehingga ada kabel yang putus, justru saat melakuakan penebangan pohon PLN melakukan pemadaman listrik", tegas Humiang.

Menurutnya, PLNlah yang tidak mau bekerjasama dengan Pemkot sebab ironisnya sampai saat ini PLN ranting Bitung tidak pernah menyurat ke pemkot Bitung untuk melakukan penebangan pohon, "padahal pohon yang ditanam di pinggir jalan utama merupakan upaya pemerintah dan masyarakat untuk menyejukan dan memperindah kota", ungkap Humiang. Tanpa koordinasi serta ijin Pemkot, PLN seenaknya melakukan penebangan. Hal ini pula membuat masyarakat resah dan bereaksi keras dengan ulah PLN sebab pohon-pohon yang ditanam dari kecil lewat kerja keras Pemkot dan masyarakat setelah dipotong hanya dibiarkan begitu saja.