Selasa, 31 Januari 2012 – 18:47 WITA Telah dibaca 1232 kali

Pemkot Gelar Tulude Serentak di Delapan Kecamatan

Pesta adat Tulude atau dikenal dengan tolak tahun atau kunci tahun bagi masyarakat Sangihe, Sitaro dan Talaud yang ada di kota Bitung merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun.

"Gelar adat ini merupakan wujud syukur atas penyertaan Tuhan dalam kehidupan di tahun 2011 yang lalu dan tersirat permohonan bagi sang Khalik atau Tuhan Yang Maha Esa untuk kiranya menuntun dalam perjalanan kehidupan di tahun yang baru tahun 2012", ujar ketua pantia hari-hari besar pemerintah kota Bitung Petrus Tuange, S.Sos. MSi.

Perayaan Tulude pemerintah dan masyarakat kota Bitung, Selasa (31/1) digelar serentak di masing-masing kecamatan atau di delapan kecamatan. Dalam perayaan ini walikota Bitung, Hanny Sondakh membaur dengan masyarakat kecamatan Ranowulu yang dipusatkan di Kelurahan Batuputih, sedangkan wakil walikota Bitung, M.J.Lomban hadir di kecamatan Lembeh Utara yang dipusatkan di kelurahan Pintukota. Sementara itu Sekretaris Daerah, Edison Humiang hadir di kecamatan Lembeh Selatan yang dipusatkan di kelurahan Papusungan.

Walikota Bitung dalam sambutannya mengatakan bahwa gelar acara Tulude ini merupakan warisan budaya leluhur yang bermakna ucapan syukur atas penyertaan Tuhan di tahun yang lama serta keyakinan untuk menjalani tahun yang baru.

Lebih lanjut dikatakan bahwa upacara adat ini juga "merupakan momentum doa dan permohonan kepada Tuhan untuk selalu menyertai, menuntun dan memberkati perjalanan pemerintah dan masyarakat Kota Bitung dalam melangkahkan kaki, menyusuri tahun 2012, tahun yang penuh berkat namun masih rahasia bagi kita semua", ujar walikota.

Dalam sambutan ini, Walikota mengajak untuk memaknai upacara adat Tulude ini sebagai wahana kebersamaan dan persaudaraan dalam satu komunitas yang utuh, yang mengisyaratkan bahwa kita semua ini merupakan satu kesatuan masyarakat yang cinta persatuan.

Walikota berharap agar di tahun 2012 ini masyarakat Kota Bitung tetap menjaga dan memelihara kerukunan hidup dengan meningkatkan rasa persaudaraan sambil bergandengan tangan membangun daerah ini demi kesejahteraan bersama.