Rabu, 2 Mei 2012 – 17:15 WITA Telah dibaca 780 kali

Sondak Irup Upacara Hardiknas

Memperingati hari pendidikan nasional Hardiknas di kota Bitung dilaksanakan upacara bendera di lapangan upacara kantor walikota, Rabu (2/5). Bertindak sebagai inspektur upacara walikota Bitung Hanny Sondakh sedangkan pemimpin upacara dipercayakan kepada Drs. Maxi Rompas, SH, MSi, MMPd yang juga kepala SMA Kristen Tumou Tou Girian.

Upacara yang dihadiri oleh wakil walikota Bitung M.J.Lomban bersama Ny. Khouni Lomban Rawung, sekretaris daerah kota Edison Humiang bersama Ny. Telly Humiang Muhaling, Forkopimda, ribuan guru dan tenaga kependidikan di kota Bitung ini berlangsung penuh khidmat dimulai pukul 07.30 WITA dan bertindak sebagai perwira upacara Julius Ondang,SPd.

Pada upacara ini walikota Bitung menyematkan penghargaan satya lencana kepada PNS yang telah berjasa dan mengabdi bagi negara selama 30 tahun kepada Willy Kojongian,SPd kepala SMK Negeri 2 Bitung, pada hari istimewa bagi dunia pendidikan ini pula walikota juga menyerahkan piagam penghargaan bagi siswa dan siswi teladan tingkat SD, SMP dan SMA tahun 2012 sekaligus pengutusan dua paskibraka kota Bitung mengikuti seleksi Paskibraka tingkat nasional.

Menteri pendidikan dan kebudayaan Muhamad Nuh dalam sambutannya yang dibacakan walikota Bitung Hanny Sondakh bahwa kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan mobilitas fisik dan nonfisik (termasuk kebudayaan dan peradaban) semakin tinggi. Mobilitas yang tinggi tersebut memunculkan dominasi peradaban tertentu, benturan antar peradaban atau terbentuknya konvergensi peradaban.

Tema Hari Pendidikan Nasional Tahun 2012 ini adalah "bangkitnya generasi emas Indonesia". Tema ini sejalan dengan hakikat pendidikan yang telah ditekankan oleh pendiri pendidikan Nasional. peran strategis pembangunan bidang pendidikan untuk mewujudkan hal itu menjadi sangat penting. akan tetapi, sebaliknya, bukan mustahil kesempatan emas tersebut menjadi bencana demografi (demographic disaster) bila kita tidak dapat mengelolanya dengan baik.

Pada periode tahun 2010 sampai tahun 2035 kita harus melakukan investasi besar-besaran dalam bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM) sebagai upaya menyiapkan generasi 2045, yaitu 100 tahun Indonesia merdeka. Oleh karena itu, kita harus menyiapkan akses seluas-luasnya kepada seluruh anak bangsa untuk memasuki dunia pendidikan; mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD) sampai ke perguruan tinggi. Tentu perluasan akses tersebut harus diikuti dengan peningkatan kualitas pendidikan, sekalipun kita semua memahami bahwa pendidikan itu adalah sistem rekayasa sosial terbaik untuk meningkatkan kesejahteraan, keharkatan dan kemartabatan", ujarnya.

Dalam upacara ini dilakukan pula pencanangan bulan bhakti gotong royong masyarakat BBGRM IX dan hari kesatuan gerak PKK ke-40 tingkat kota Bitung tahun 2012 oleh walikota Bitung Hanny Sondakh. dan penandatanganan kerjasama antara SMK Negeri 2 Bitung dengan PT. Volvo Penta.