Jumat, 20 Mei 2016 – 17:45 WITA Telah dibaca 719 kali

TKBM Pelabuhan Bitung Pesiapkan Operator Berstandart Internasional

SUARAMANADO,Bitung. Tenaga Kerja Bongkar Muat di Pelabuhan Bitung mendapat pembekalan dalam Diklat Basic Cargo Handling sekaligus Uji Kompetensi bagi Operator Bongkar Muat Barang untuk meningkatkan profesionalisme berstandart Internasional.

Ada 40 orang Tenaga Kerja Bongkar Muat berasal dari Pelabuhan Bitung sebanyak 35 TK dan 5 TK asal pelabuhan Manado yang ikut Duklat ini selama 2 hari (19–20/5) di Hotel Kawanua Manado hasil kerja sama PT. Pelindo Makasar dengan PT. Nusamatrans Global Pratama dan Koperasi TKBM Sejahterah Bitung.

Drs. Usaman Lamato selaku Ketua Koperasi TKBM Sejahterah Bitung dalam arahan penutupan Diklat Basic Cargo Handling mengingatkan kepada peserta Diklat yang lulus dalam uji Kopetensi hendaknya memahami dan menyadari pentingnya tanggung jawab Bongkar Muat Barang, dalam menjaga Keamanan dan Kwalitas Barang sehingga ada kepercayaan dari penguna jasa TKBM terutama Konsumen sebagai pengguna akhir tidak dirugikan.

Kata Usman, kesiapan TKBM di pelabuhan Bitung sangat penting di era Masyarakat Ekonomi Asean karena jika TK kita tidak memiliki sertifikat keahlian bukan tidak mungkin TK Asing akan mengambil posisi tersebut sesuai permintaan pemilik barang.

Usman berharap TKBM yang telah memiliki sertifikat kompetensi agar menjaga kwalitas kerja sesuai kompetensi masung-masing sambil melakukan peningkatan kompetensi bagi 600 orang TKBM yang akan diikutkan dalam Diklat seperti ini. Apabila TKBM telah memiliki sertifikat uji kopetensi maka dimana saja pelabuhan di Dunia ini akan menerima mereka untuk bekerja.(jansen)