Jumat, 13 Mei 2016 – 05:24 WITA Telah dibaca 755 kali

Hasan; Kapal Penyanggah Sangat Membantu Nelayan

Hasan, Kepala Operasional PT. Bintang Mandiri
SUARAMANADO,Bitung. Prusahan yang bergerak disektor penangkapan ikan mengaku sangat terbantu dengan diijinkan kembali kapal penampung ikan beroperasi kembali dalam mengamankan ikan agar tidak busuk atau rusak.

Seperti pengakuan Hasan selaku Ka. Operasional PT. Bintang Mandiri dimana pihaknya sangat berterima kasih karena perusahaan sangat terbantu dengan kebijakan pemerintah yang membolehkan kembali kapal penampung beroperasi lagi. Ada 4 buah kapal Penyanggah milik Bintang Mandiri yang berkenan diluncukan oleh Mentei Kelautan Perikanan Ssi Pujiastuti di Pelabuhan Perikanan Aertembaga Kota Bitung hari ini Jumat (13/5).

Secara terpisah Rudy Walukow selaku Kerua Asosiasi Kapal Perikanan Nusantara Kota Bitung mengaku bangga atas dibolehkan lagi operasional kapal Penyanggah setelah 18 Bulan para nelayan menganggur sebagai dampak moratorium perikanan.

Namun ada catatan penting terkait SK No.1/2016 oleh Dirjen Tangkap terkait mewajibkan adanya perjanjian dan kesepakatan dengan Kabupaten yang menjadi wilayah tangkapan atau pengangkutan ikan hasil tangkapan nelayan agar tidak terlalu kaku dalam penerapannya dulapangan atau agak elastis sedikit pinta Walukow.

Walukow juga sepaham dengan istulah Kapal Penyanggah dimana operasionalnya membantu kapal tangkap untuk mengamankan ikan dari kerusakan yang selanjutnya dibawah ke UPI yang beroperasi di Indonesia. Jadi tidak sama dwngan pengertian Transhipment dimnana hasil tangkapan dipindahkan ke kapal untuk kebutuhan Luar Negeri.

Sebagai Asosiasi Kapal Perikanan Nasional Eudy menjamin semua yang masuk sebagai anggota AKPN asli Indonesia mulai dari Kapal hingga ABK tidak menggunakan tenaga kerja asing, jadi tidak ada kehawatiran hasil tangkapan ikan dibawah keluar negeri tanpa melalui prosedur resmi. (Jansen)