Jumat, 28 September 2012 – 13:18 WITA Telah dibaca 1406 kali

Hadiri Alliance For Healthy City 2012

Bitung Utus Delegasi ke Brisbane Australia

Dalam sambutan Gubernur Sarundajang pada Sidang Paripurna Istimewa DPRD provinsi SULUT awal pekan ini terungkap pujian dan harapan kepada Walikota Bitung Hanny Sondakh yang akan mempresentasikan Kota Bitung sebagai Kota Sehat di Indonesia sekaligus mewakili SULUT dan Indonesia pada Konferensi Internasional Kota Sehat ke 5 di Brisbane, Australia pada 24–27 Oktober.

"Ada beberapa daerah kita yang meraih prestasi di tingkat nasional, tetapi Bitung akan mengikuti konferensi kota sehat di Brisbane sebagai perwakilan SULUT dan Indonesia karena telah meraih penghargaan tertinggi kota sehat yakni Swastisaba Wistara sekaligus kota tersehat di SULUT", kata Sarundajang waktu itu.

AFHC 2012 yang sempat membuat nama kota Bitung jadi sorotan di Sidang Paripurna HUT ke 48 provinsi SULUT itu merupakan forum bersama para politisi, pengambil keputusan, akademisi, pejabat pemerintah, insinyur, konsultan, perencana sosial juga sejumlah praktisi dan coastal resource manager serta tentu saja para walikota se Asia dan Pasifik.

"AFHC sudah beranggotakan lebih dari 200 kota di Asia dan Pacific semenjak pelaksanaan pertama pada tahun 2004 di Kuching, Malaysia, kemudian di Suzhou China tahun 2006, Ichikawa Jepang tahun 2008 dan Gangnam Korea di tahun 2010", ungkap Ketua Umum, Dr. Peter Davey yang juga merupakan guru besar di Griffith University Brisbane dalam pesan resminya. Menurutnya, AFHC merupakan jaringan internasional yang melindungi dan memberdayakan lingkungan sehat melalui pendekatan "Healthy Cities".

Walikota Bitung, Hanny Sondakh dijadwalkan akan membawakan presentasi dalam bahasa Inggris pada konferensi AFHC 2012 yang bakal digelar akhir Oktober mendatang itu. Dalam forum itu, sejumlah pembicara internasional juga dijadwalkan akan tampil, antara lain walikota Logan Australia, walikota Wunjo City juga sejumlah pakar kota Sehat dari WHO Western Pacific, Universitas Victoria, WHO office for Europe dan profesior science dari Jepang dan Korea.

Ketua Panitia AFHC for North Sulawesi di Brisbane Australia, Elsje Manginsela dalam email yang diterima redaksi Jumat (28/9) memastikan tiga delegasi Bitung akan tiba di Brisbane untuk kegiatan tersebut.

"Saya harap, pak wali mempersiapkan diri sebaik-baiknya karena bukan hanya Bitung saja, nama SULUT pasti akan dibicarakan di sana", harap Sarundajang dalam sambutannya.